Jumat, 12 Desember 2008

Satu lagi dari E.S. Ito

ES Ito
Cover Novel

Kemarin, karena seharian listrik di kampus padam, dan setelah menyelesaikan satu kuliah dengan "cepat", tak ada tempat lain yang bisa aku pikirkan selain ke Toko Buku, dan Gramedia Slamet Riyadi sasaranku kali ini.

Awalnya tidak terpikirkan untuk membeli buku apa, yah sekedar melihat lihat dulu. Tapi akhirnya setelah berkeliling, ada saja buku yang menarik minatku dan memaksa tangan ini akhirnya tergarak mengambilnya untuk dibeli.

Buku "Rahasia Meede-nya ES Ito pun akhirnya terbeli. Sudah membaca resensinya di KOMPAS sekitar 2 bulan yang lalu, baru bisa terbeli sekarang. Setelah membaca sekitar 3 bab, terasa ada sesuatu yang menarik dari buku ini, ah seandainya saja hari ini boleh ijin tidak masuk ngajar, mungkin seharian akan kuhabiskan untuk membaca novel ini.

Dari resensi di Kompas dulu aku ingat novel ini bercerita seputar usaha penemuan harta karun VOC yang ditinggalkan di perut bumi kota Jakarta. Aku sudah membayangkan aroma konspirasi dari tema tersebut. Aku selalu menyukai teori teori konspirasi, aku rasa banyak orang juga menyukainya. Dan baru beberapa bab awal novel itu kubaca, benar saja aroma konspirasi sudah tercium, dan tidak bisa ditahan untuk ditelusuri sampai akhir.
Ada sedikit aroma Dan Brown yang dapat kita tangkap dari karya ini, bagaimana ES Ito, menyusun bab-bab awal untuk mengenalkan banyak tokoh yang berbeda-beda yang seakan akan tidak saling terkait. Dari bab awal ini aku sudah mencatat tidak kurang dari 7 tokoh, Rian, Catleen, Pak Uban, Erick, Rafael, Robert, dan satu lagi lupa namanya. Biasanya nanti di akhir akhir cerita baru ketahuan jalinan hubungan antar tokoh tersebut.

Satu lagi yang membuat awal novel ini menarik, adalah banyaknya cuplikan sejarah yang kita yakin sudah kita ketahui dari pelajaran standart di sekolah, tetapi serpihan serpihan tersebut oleh ES Ito berhasil di rangkai menjadi sebuah susunan cerita yang mengaitkannya dengan wajar, dan seolah olah itulah faktanya.

Berharap bisa segera menyelesaikan pembacaan novel ini.

5 komentar:

  1. Harga bukunya berapa bos?

    BalasHapus
  2. Harga bukunya Rp.69.000,00
    Klo pas pameran mungkin lebih murah....

    BalasHapus
  3. kelihatannya menarik sekali,jadi ingat sewaktu kecil baca trio detektif.

    BalasHapus
  4. wah ha ha...hobby trio detektif juga...
    yang ini lebih dasyat bri..

    BalasHapus