Selasa, 06 Januari 2009

Dokumentasi Malang 5

17. Kantor Perbendaharaan Negara
Gedung ini juga terletak di seputar alun alun, tepatnya di sudut selatan timur(tenggara). Bersebelahan dengan Kantor Pos Besar Malang. Peruntukannya dahulu belum saya ketahui, tetapi saat ini digunakan untuk Kantor Perbendaharaan Negara. Kondisi bangunan relatif sama, hanya saat ini menara kecil di atapnya telah hilang, dan atap pelananya terlihat bersih dan sederhana.

menara kecil sudah tidak terlihat
18. Masjid Agung Malang
Masjid Agung Kota Malang telah mengalami banyak sekali renovasi sehingga kondisinya terus berubah. Pada awalnya, masjid ini menunjukkan ciri masjid jawa dengan atap tumpang tiga (sebagaimana masjid Demak, dan Masjid Agung Solo), menara masjid pun juga beratap jawa. Sekitar tahun 50 an, renovasi dilakukan dengan menambah kubah bawang pada pintu masuk , menara masjid juga berubah bergaya arabic, tetapi atap tumpang masih terlihat. Sedangkan renovasi selanjutnya, penampilan masjid sudah sangat berubah, gaya arsitektur jawa sudah hilang, yang muncul adalah masjid berarsitektur arabic dengan kubah bawang dan menara menara yang tinggi menjulang.

rekaman perubahan renovasi bentuk masjid
19. Kolese Santo Yusup
Gedung ini terletak di sekitar Klojen, dahulu digunakan sebagai sekolah Neutrale Largere School, saat ini dimanfaatkan sebagai Kolese Santo Yusup. Perubahan cukup terlihat dalam perkembangannya, saat ini terdapat penambahan massa bangunan yang cukup besar di sisi kanan bangunan. Bentuk asli bangunan masih terlihat, hanya saja proporsinya cukup berbeda, saat ini terkesan lebih lebar.

proporsi bangunan yang berubah, lebih terlihat lebar dengan tambahan massa bangunan.
20. Kerkoff (Pemakaman Belanda)
Saat ini komplek pemakaman Belanda masih cukup terjaga kondisinya. Bangunan gerbangnya masih relatif sama. Satu hal yang sangat disayangkan, dahulu di depan kerkoff ini ada sebuah lapangan yang cukup luas, tetapi saat ini di pakai sebagai SPBU, sehingga front view bangunan benar benar rusak. Sangat disayangkan.

night sceene view, SPBU yang sangat mengganggu
21. bersambung...

4 komentar:

  1. Menarik sekali melihat suatu bangunan atau tempat dari satu masa ke masa lain. Salam Kenal. www.fadlitams.blogspot.com

    BalasHapus
  2. terima kasih mas ..salam kenal "lagi" juga..

    BalasHapus
  3. Hebat ndi,darimana kaudapatkan gambar2 tempoe dulu itu

    BalasHapus
  4. iya bri..jadi ngingetin untuk nyantumin sumber gambarku..
    mayoritas itu kuambil dari KITLV, digit libnya..

    BalasHapus