Senin, 05 Januari 2009

Dokumentasi di Malang 1

Kembali mengadakan perjalanan, masih di Jawa Timur, kali ini menjelajah kota Malang pada saat awal tahun kemaren, tepatnya tanggal 1-3 Januari 2009.
Tujuan kali ini masih sama juga berusaha mendokumtasi beberapa obyek arsitektur kolonial peninggalan Belanda.Setelah sebelumnya mengadakan riset kecil kecilan, akhirnya berhasil mendokuntasi bangunan bangunan tersebut.
Berikut akan disajikan beberapa bangunan yang masih bisa direkam, tentunya dengan perbandingan antara gambar lama dan kondisi saat ini, dilengkapi sedikit deskripsi.
1.Alun Alun Kota Malang
Kondisi saat ini relatif masih hijau, memang sejak dahulu pohon pohon beringin besar sudah menghiasi seputar alun alun ini. Terdapat penataan beberapa fasilitas pedestrian dan penambahan bangku taman, dibanding kondisi dahulu yang hanya lapangan kosong.
Kondisi jalan di sekeliling alun alun juga tidak terlalu berubah, hanya sekarang alun alun dibatasi dengan pagar, sehingga akses masuknya hanya tertentu saja.
situasi di tengah alun alunjalan seputar alun alun

2.Balaikota
Kondisi balaikota Malang saat ini mengalami sedikit perubahan, dengan adanya tambahan massa bangunan barutepat di tengah massa bangunan lama, tambahan itu sebenarnya semacam kanopi yang menerus hingga balkon diatasnya.Penambahan ini masih cukup baik dan menyatu dengan massa bangunan lama.
Sedangkan kondisi lapangan di depan balaikota sudah sangat berubah, jika dulu hanya lapangan kosong dengan fontain di tengahnya, saat ini terdapat kolam teratai lengkap dengan tugu di tengahnya, dan disekeliling kolam landskap taman juga sudah tergarap.
Balaikota
3.Bank Indonesia
Bank Indonesia terletak di sekitar alun laun, tepat di sudut sebelah utara timur, didepan Alun Alun Mall. Kondisi bangunan relatif sama, hanya saat ini ekspansi bangunan kebelakang sangat besar.
Bank Indonesia
4. Bank Mandiri
Saat ini gedung yang terletak di sudut alun alun sebelah barat selatan (disamping masjid agung) digunakan sebagai Kantor Cabang Bank Mandiri, peruntukannya dahulu belum saya ketahui. Kondisi bangunan saat ini relatif masih sama dengan kondisi nya di tahun 50 an.

Bank Mandiri
5.Bersambung.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar